Seleksi Caleg PKB Dijamin Transparan

Berita Headline
Seleksi Caleg PKB Dijamin Transparan

Jakarta - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menegaskan komitmennya sebagai partai terbuka dan modern. Siapa pun boleh mendaftar sebagai bakal calon anggota legislatif asal memenuhi syarat dan lolos seleksi.
 
Sekretaris Jenderal Dewan Pengurus Pusat PKB H Imam Nahrawi menjamin, rekrutmen dan penjaringan bacaleg akan berlangsung transparan. Semua pendaftar akan diberlakukan sama tanpa terkecuali.
 
“Semua bacaleg memiliki kesempatan dan peluang yang sama, tidak ada perbedaan bagi siapa pun yang akan menjadi caleg. Apabila bacaleg tersebut tidak memenuhi standar yang kita tentukan dan kita tetapkan, maka kami anggap gugur,” ungkapnya di depan puluhan bacaleg di Kantor DPP PKB, Jalan Raden Saleh No 9, Jakarta Pusat, Rabu (8/8/2012).
 
Sehubungan dengan banyaknya pendaftar, Imam menyampaikan permohonan maaf kepada para bacaleg yang terpaksa ditolak dari dapil yang dinginkan. Sebab, kuota dapil tersebut sudah penuh, sehingga bacaleg dipersilakan mencari dapil lain.
 
“Seperti di Jawa Tengah, ada sebuah wilayah yang kita targetkan 14 kursi untuk direbut pada dapil tersebut. Namun yang mendaftar pada dapil tersebut mencapai 25 orang,” ungkapnya.
 
Dalam kesempatan ini, Imam berpesan kepada para bacaleg bila nanti terpilih menjadi anggota legislatif agar berupaya sekuat tenaga mengubah citra buruk DPR RI. Alasannya, Imam menjelaskan, di mata masyarakat DPR tak jauh dari urusan uang, makelar proyek, dan segudang keburukan lainnya. Namun, Imam menegaskan, penyebab citra buruk parlemen bukan berasal dari PKB.
 
“Kita sudah mengkroscek kebenaran apakah ada anggota legislatif dari PKB yang terlibat urusan hukum, ternyata kita menemukan fakta PKB sangat bersih. Kita pernah berkelakar, sebenarnya apakah kita tidak tahu caranya atau memang mempertahankan moralitas. Jawabannya adalah keduanya, ya tidak tahu caranya dan memang anggota legislatif dari PKB berusaha menjaga moralitas dan ahlakul karimah,” ungkapnya panjang lebar.
 
Oleh karena itu, Imam memperingatkan bila ditemukan anggota legislatif dari PKB yang melakukan kecurangan dan pelanggaran hukum, maka DPP PKB tak akan segan-segan memberikan sanksi sampai pemecatan.
 
“Bila kita lihat sudah banyak anggota DPRD maupun DRP RI yang terkena pergantian antar waktu. Jadi yakinlah apa yang kita lakukan ini merupakan langkah pembenahan sistem yang baik, bersih, dan amanah,” jelas Imam.
 
Terkait dengan proses rekrutmen dan penjaringan bacaleg, Imam Nahrawi atas nama partai memberikan penghargaan sebesar-besarnya kepada Lembaga Pemenangan Pemilu yang telah berhasil menjalankan fungsinya dengan baik.
 
“Atas nama Ketua Umum DPP PKB dan DPP PKB, saya berikan appluse kepada LPP DPP PKB yang telah berhasil melakukan perekrutan bacaleg. Yang dibuka pada saat ini dengan hasil yang sangat memuaskan di mana dalam perekrutan tersebut telah memenuhi target yang kita harapkan,” terang Imam.(lie)

No votes yet