Presiden SBY Kagumi Sosok Hasyim Asy'ari

Berita Headline
Presiden SBY Kagumi Sosok Hasyim Asy'ari

Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sangat mengagumi sosok serta perjuangan pendiri Nahdlatul Ulama, Hadrotusyaikh KH Hasyim Asy'ari. Para generasi muda diajaknya meneladani semangat ulama besar ini untuk mempertahankan dan mengisi kemerdekaan Republik Indonesia.

"Apa yang Beliau lakukan adalah kebenaran. Beliau sosok ulama besar. Pikiran beliau, hati beliau dapat kita lihat secara gamblang penuh kebijaksaan," ungkap Presiden SBY saat menghadiri pemutaran perdana film Sang Kiai di Epicentrum XXI Epicentrum Walk Jakarta, Senin (20/5/2013) sore.

Presiden mengaku beberapa kali harus menahan air mata haru karena melihat gambaran seorang nasionalis sejati muncul dari seorang ulama kharismatik. Saking kagumnya, Presiden SBY mengingatkan kembali pada para penonton yang hadir bahwa kemerdekaan Indonesia tidak diraih dengan kemudahan.

"Oleh karena itu marilah kembali dari tempat ini mari berikan rasa hormat kepada para ulama, pemimpin-pemimpin politik, pejuang yang telah berkorban untuk NKRI. Tugas kita adalah untuk tidak menyia-nyiakan apa yang telah diperjuangkan para kusuma bangsa," kata Presiden SBY. 

Film yang berdurasi sekitar dua jam ini juga dinikmati oleh Ketua Umum DPP PKB yang juga Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Abdul Muhaimin Iskandar beserta istrinya, Rustini Murtadho. Ada pula Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal Helmy Faishal Zaini, para anggota FPKB DPR RI, Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj, dan sejumlah pengurus PBNU lainnya.

Tampak pula hadir Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Djoko Suyanto, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Mari Elka Pangestu, dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh.

Film garapan Sutradara Rako Prijanto itu berkisah tentang tokoh pergerakan nasional, KH Hasyim Asyari. Pendiri pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur ini merupakan kakek Presiden RI ke-4, KH Abdurrahman Wahid.

Film ini berlatar belakang masa kemerdekaan yang dibumbui nuansa drama, perang, dan dakwah. Terlihat kiprah seorang KH Hasyim Asy'ari yang mampu menggerakkan umat Islam dengan jaringan pondok pesantren melawan penjajah dan mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) melalui resolusi jihad.

Film 'Sang Kyai' dibintangi artis kawakan seperti Ikranegara, Christine Hakim, Agus Kuncoro, Adipati Dolken, Meryza Batubara, Norman Akuwen, Dimas Aditya, dan Suzuki Naburo.

Average: 7 (1 vote)