Nama Caleg PKB Akan Diumumkan Bulan Ini

Jakarta - Meski Pemilu masih 1,5 tahun lagi, namun kesiapan Partai Kebangkitan Bangsa untuk menyongsong pesta demokrasi tersebut sudah di atas 80 persen. Menggunakan berbagai strategi, mesin partai di semua lini sudah mulai dijalankan.
 
Tak heran bila dalam rentang waktu yang tersisa PKB telah merampungkan susunan daftar calon legislatif yang akan diusung pada Pemilu 2014 mendatang.
 
Ketua Dewan Pengurus Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (DPP PKB), Marwan Jafar mengatakan pada bulan ini, nama-nama para calon legislatif dari PKB akan diumumkan secara bertahap. “Kami akan umumkan per wilayah guna memudahkan koordinasi,” ungkap pria yang juga menjabat sebaga Ketua Fraksi PKB DPR RI, Jumat, (04/01/2013).
 
Marwan menjelaskan, sejak medio Desember lalu, PKB telah melakukan pemanggilan terhadap sejumlah calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat. Pemanggilan dilakukan berdasarkan kategori wilayah, seperti wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi.
 
Lebih lanjut Marwan juga mengatakan, hingga saat ini, susunan daftar calon legislatif di partai yang dilahirkan oleh PBNU ini, telah mencapai 99 persen. Dari 560 kursi calon legislatif yang ada kini sudah hampir terisi semua.
 
Dari jumlah tersebut, imbuhnya, mayoritas seluruh anggota DPR RI dari PKB kembali ikut maju dalam pemilihan legislatif. Lebih jauh, Marwan mengatakan, dari 560 caleg yang kini telah dipersiapkan, lebih didominasi oleh kader PKB sendiri. Sedangkan caleg dari non kader seperti akademisi, selebritis, budayawan, dan tokoh masyarakat, tak lebih dari 5 persen. "Kursi lebih banyak untuk kader daripada non-kader," ungkapnya.
 
Pada Pemilu 2014 mendatang, PKB akan menargetkan dapat meraup minimal 10 persen suara di DPR RI. Sesuai dengan pesan Ketua Umum DPP PKB, H A Muhaimin Iskandar. bahwa target 10 persen sangatlah tepat dan realistis.
 
Muhaimin juga mengatakan, berdasarkan sejarah panjang PKB sejak mengikuti pemilu pertama pada 1999, PKB memiliki perolehan suara pemilu yang cukup baik dan dapat bertahan, meski pernah didera konflik internal yang sangat dahsyat, namun itu semua tak mengurangi dan berpengaruh secara signifikan terhadap perolehan suara PKB.
 
Berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan, Komisi Pemilihan Umum akan menerima daftar caleg sementara partai pada April 2013 mendatang. Hingga masa tersebut, setiap partai masih dapat mengubah calon legislatif. Akan tetapi, setelah itu KPU akan menetapkan daftar final calon legislatif yang dinyatakan dapat mengikuti Pemilu pada 2014 mendatang.

No votes yet