KPU: PKB, Partai Yang Memenuhi Syarat Administratif KPU DKI

Berita Daerah
KPU: PKB, Partai Yang Memenuhi Syarat Administratif KPU DKI

Jakarta – Verifikasi administrasi terhadap berkas para bakal calon anggota legislatif (bacaleg) DPRD DKI Jakarta sudah diumumkan hasilnya oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta kepada seluruh partai politik peserta pemilu 2014.

Dinyatakan oleh Ketua KPU DKI Jakarta, Dahlia Umar, terkait hasil verifikasi administrasi bacaleg DPRD DKI Jakarta dari masing – masing parpol peserta pemilu 2014 mendatang masih banyak yang mengalami kekurangan persyaratan administrasi pencalegan.

“Hampir seluruh caleg dari partai politik di seluruh dapil Jakarta ini, tidak ada yang memenuhi syarat dan kami telah melakukan perincian partai mana saja yang benar – benar memenuhi syarat dan tidak memenuhi syarat,” ungkap Dahlia, Rabu (08/05/2013).

Lebih lanjut dinyatakan oleh Dahlia, sebanyak 1267 orang bacaleg dari 12 parpol peserta pemilu 2014 yang ada, bisa dinyatakan hampir seluruh caleg tersebut tidak memenuhi syarat administrasi penmcalegan yang btelah ditentukan oleh KPU DKI. Bahkan, ada pula bacaleg yang sama sekali tidak ada berkasnya.

Kebanyakan, para caleg itu tidak memenuhi syarat karena tidak melengkapi dan mengisi formulir BB8 yang menyatakan tidak akan rangkap tugas sebagai advokat dan notaris serta BB 10 yang menyatakan tidak akan rangkap jabatan di perusahaan BUMN ataupun menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Bahkan, kata dia, ada caleg yang lupa mengisi BB11, yaitu daftar riwayat hidup.

"Selain itu, ada juga calon yang juga tidak melampirkan kesehatan jasmani, rohani, dan keterangan bebas narkoba. Nah, yang seperti ini masuk ke dalam kategori TMS (Tidak Memenuhi Syarat)," ujar Dahliah.

Terkait dengan 12 partai yang ada, PKB merupakan salah satu partai yang dinyatakan memenuhi syarat. Di hampir seluruh seluruh dapil, imbuhnya, caleg dari PKB dinyatakan memenuhi syarat. Meski ada beberapa yang maswih kurang namun hal tersebut tidak menjadikan kendala.

“Untuk parpol lainnya kami pastikan semua calegnya dinyatakan sangat kurang. Bila kita kalkulasi memang seluruh parpol ti9dak memenuhi syarat pencalegan. Oleh karena itu seluruh parpol harus segera memperbaiki item – item perbaikan. Sedangkan untuk PKB hanya sedikit kekurangan saja yang harus diperbaiki,” pungkasnya.

*Sumber Kompas**

No votes yet