Jaga Mutu, PKB Seleksi Ketat Calon Kepala Daerah

Berita Utama
Jaga Mutu, PKB Seleksi Ketat Calon Kepala Daerah

Jakarta - Partai Kebangkitan Bangsa menginginkan calon kepala daerah yang diusung betul-betul bermutu dan layak memimpin rakyat.

"Itulah karenanya ada mekanisme fit and proper test, PKB tentu menghendaki calon pemimpin yang betul-betul kompeten dan berkualitas," ungkap Ida Fauziyah selepas menguji para calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Cirebon di Gedung Graha Gus Dur, Kantor PKB di Jl Raden Saleh No 9, Jakarta Pusat, Kamis (22/5/2013).

Dari tiga bakal calon Bupati Kabupaten Cirebon yang sudah mengikuti proses uji kelayakan, Ida Fauziyah mengaku mayoritas memiliki kualitas dan integritas yang baik.

Tiga bakal calon bupati yang mengikuti proses seleksi antara lain Muhammad Luthfi, Naufal Fuad Hasyim, dan Ahmad Zaenal Arifin Rusami. Sementara yang mengikuti seleksi wakil calon bupati di antaranya H Andianto, Sugiarto dan Masykur Ibnu Ilyas.

Desk Pilkada, imbuh Ida, melanjutkan dengan merekomendasikan nama calon. Namun, semua akan diputuskan DPP PKB.

Ketua DPC PKB Kabupaten Cirebon Sugiarto menanggapi hal itu dengan positif. Mekanisme tes uji kelayakan dinilainya sangat tepat dilakukan. "Untuk kami di daerah, proses seleksi kepemimpinan ini tentu perlu dilakukan sebagai upaya melahirkan pemimpin yang mumpuni dan searah dengan visi dan misi PKB," katanya.

Sugiarto yang juga ikut seleksi bakal calon wakil bupati ini bersyukur, dari sekian calon Bupati dan Wakil Bupati sebanyak 80 persen adalah kader muda PKB. Artinya, kaderisasi berjalan dengan baik dengan tetap memberikan porsi kepada kalangan profesional yang hendak mencalonkan diri.

Komisi Pemilhan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon sendiri telah menetapkan tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Cirebon. Keputusan tersebut diambil melalui Rapat Pleno, di Kantor KPU Jalan Dewi Sartika Sumber Cirebon, Rabu (13/3) lalu.

Keputusan tersebut terkait tiga agenda utama KPU Kabupaten Cirebon, yakni pertama pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Cirebon 2013, jatuh pada tanggal 6 Oktober 2013. Kedua, menetapkan tahapan persiapan pada tanggal 23 Maret 2013 sampai pelantikan pasangan terpilih, dan yang ketiga KPU menetapkan pembentukan lembaga penyelenggara pemilu  seperti pembentukan PPK dan PPS se-Kabupaten Cirebon.

Average: 4.5 (2 votes)