Finalisasi Bacaleg PKB Ditetapkan pada 6 April

Jakarta-Partai Kebangkitan Bangsa hingga saat ini masih melakukan finalisasi daftar calon sementara hingga 6 April 2013 mendatang. Caleg yang mendaftar pun kian membeludak.

“Hingga saat ini kami masih terus menunggu kelengkapan dokumen dari bacaleg. Kami memang telah memberikan batas akhir waktu untuk melengkapi dokumen bagi bacaleg hingga 6 April mendatang,” jelas Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) Dewan Pengurus Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (DPP PKB) Saifullah Maksum, Kamis (04/04/2013)

Secara umum, ujarnya, penyusunan daftar caleg sementara PKB tak ada persoalan. Bahkan PKB telah memiliki 560 bakal calon legislatif, termasuk pemenuhan kuota 30 persen keterwakilan perempuan.

“Seluruh daerah pemilihan telah terisi semua, termasuk kuota keterwakilan perempuan yang telah ditargetkan sebesar 30 persen,” ungkapnya.

Saifullah menegaskan, bakal caleg dari PKB tidak sepenuhnya dari kader PKB semua. Ada juga yang berasal dari kalangan profesional dan akademisi.

Terkait minat masyarakat, tambahnya, PKB cukup mendapatkan perhatian yang lebih dari masyarakat yang memang berminat untuk bergabung menjadi caleg PKB. Bahkan, jumlah pendaftar untuk caleg DPR RI saja PKB dapat terbilang melebihi kebutuhannya, sehingga harus dilakukannya seleksi secara ketat.

“PKB partai terbuka. Banyak anggota masyarakat yang antusias kepada PKB yang pada akhirnya mendaftarkan dirinya untuk menjadi caleg dari PKB, dan itu menjadikan PKB memiliki kelebihan kuota, sehingga kita melakukan seleksi secara ketat,” paparnya.

Saifullah mengatakan, memang sempat terjadi penumpukan jumlah caleg di sejumlah daerah pemilihan satau jumlah pendaftar melebihi kuota di dapil tersebut, seperti Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatra Utara 2, DKI 2, DKI 3, Jawa Barat 8, Banten 3, Kalimantan Barat, Sulawesi 1, Sulawesi Selatan 2, dan Papua.

“Berkaitan dengan bakal caleg yang tidak dapat tertampung di dapil yang sudah kita nyatakan penuh, maka kami menyarankan kepada mereka untuk melakukan perpindahan dapil lainnya yang jumlah calegnya masih belum penuh,” jelasnya.
 

 

No votes yet