Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

Swasta di Indonesia Diharapkan Bantu Perguruan Tinggi

Berita Utama
Swasta di Indonesia Diharapkan Bantu Perguruan Tinggi
PKBNews - KEMENTERIAN Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi terus berupaya dan mendorong agar perusahaan swasta membantu pendidikan tinggi di Indonesia.
 
"Kita dorong agar semakin banyak perusahaan swasta yang ingin membantu pendidikan tinggi. Pada tahun ini, ada sekitar 20 perusahaan yang menyumbang dengan nilai Rp300 miliar," kata Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohammad Nasir di Jakarta, Kamis (7/12/2017).
 
Seperti diketahui bahwa bantuan yang berasal dari dana tanggung jawab sosial (CSR) disalurkan melalui pemberian beasiswa di sejumlah perguruan tinggi negeri.
 
Menurut Menteri Nasir, saat ini, pemberian beasiswa yang berasal dari perusahaan itu diberikan kepada 70 kampus, yang mana pada setiap kampus terdapat 200 hingga 300 penerima.
 
"Jika pada tahun-tahun sebelumnya, pemberian beasiswa dari perusahaan diserahkan langsung ke kampus, maka mulai tahun lalu, pemberian beasiswa dilakukan satu pintu," kata Menteri Nasir. 
 
Beasiswa diberikan kepada para mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu.
 
"Kementerian sangat menghargai perusahaan yang telah membantu pendidikan tinggi. Kami berikan penghargaan kepada mereka," ujar Menteri Nasir. 
 
Kementerian Ristek Dikti, kata Menteri Nasir, terus mendatangi perusahaan untuk memberikan beasiswa. Pihaknya menargetkan pada tahun depan, bisa mendapatkan lebih banyak perusahaan yang ikut membantu pendidikan tinggi.