Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

Rentetan Gelar Adat Bukti Dukungan Masyarakat Kepada Cak Imin

Berita Headline
Rentetan Gelar Adat Bukti Dukungan Masyarakat Kepada Cak Imin

PKBNews - BERAGAM gelar adat dikantongi Ketua Umum (Ketum) Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. Hal tersebut bisa menjadi bukti bahwa kerja Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) itu dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Yang terbaru, Panglima Santri Nusantara itu menerima anugrah gelar dan bintang kehormatan dari Istana Kesultanan Sintang, Kalimantan Barat.

"Terima kasih yang dalam kepada YM Pangeran Sri Kusuma Negara Kesultanan Sintang, ini suatu kehormatan yang sangat tinggi bagi Cak Imin maupun saya, merupakan penghargaan yang luar biasa bagi beliau dari Kesultanan Sintang," tutur Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP PKB Daniel Johan, belum lama ini.

Daniel memastikan bahwa Kesultanan Sintang memiliki peran begitu penting dalam ikut meletakkan dasar-dasar negara.Bahkan simbol Garuda Pancasila bersumber dari Kesultanan Sintang.

"Hal itu menunjukkan bahwa kerajaan dan kebudayaan Melayu begitu berperan dan mendasar dalam mewujudkan kebangsaan Indonesia," tuturnya.

Wakil Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) itu berkata, sudah sepatutnya warga negara Indonesia terus menjaga dan memperkuat kebudayaan Melayu yang kental dengan nilai-nilai keislaman dan demokrasi.

"Sehingga demokrasi mampu mewujudkan keadilan sosial dan kesejahteraan bagi rakyat," tegas Daniel.


Sintang terletak di Provinsi Kalbar yang berjarak sekitar 400 km dari Pontianak. Sintang juga digadang-gadang sebagai calon ibukota Provinsi Kapuas Raya.

Selain penganugerahan, Cak Imin juga dijadwalkan menghadiri kegiatan pengukuhan pemuda Melayu.


Sekelumit Gelar Kehormatan yang Diperoleh Cak Imin

1. Datuk Petinggi Agung Mangku Benua dari Sultan Sintang, Pangeran Ratu Sri Kesuma Negara V, HRM Ichsani Perdana.

2. Warga Kehormatan Utama oleh masyarakat Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh Darussalam

3. Gelar Syayidul Imam Surya Negara dari Lembaga Penasihat Adat Kota Lubuklingau, Sumatera Selatan (Sumsel).

4. Anak Adat Maluku Tenggara.

5. Anggota Kehormatan Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumatera Barat (Sumbar).