Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

Politisi PKB Tegaskan Perayaan Imlek Merupakan Wajah Asli Indonesia

Berita Parlemen
Politisi PKB Tegaskan Perayaan Imlek Merupakan Wajah Asli Indonesia

PKBNews - DIHADAPAN raturan warga Tionghoa, Anggota Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Nihayatul Wafiroh atau Ninik tegaskan bahwa perayaan Tahun Baru Imlek 2569 yang diadakan Paguyuban Warga Tionghoa Genteng (PWTG) merupakan representasi wajah asli Indonesia.

"Perayaan seperti ini merupakan representasi wajah asli Indonesia. Keragaman budaya, adat, agama adalah sebuah keniscayaan dan sepatutnya disyukuri," katanya yang disambut tepuk tangan hadirin, Senin (24/2/2018).

Legislator asal Banyuwangi Jawa Timur (Jatim) itu berkata, ia senang dan bahagia bisa hadir dan turut serta merayakan Imlek bersama masyarakat Tionghoa.

"Semoga kebersamaan ini terus terjaga. Tidak luntur oleh apapun jua," kata Ninik.

Ninik menuturkan, kebhinekaan terangkum dalam satu bingkai Pancasila. Indonesia dengan Pancasila menjunjung perbedaan, dan Bhinneka Tunggal Ika.

"Pancasila menjadi naungan kita semua. Tidak ada perbedaan di Indonesia ini," ucapnya.

Di tempat sama, sesepuh PWTG, Pangky Sutoyib menuturkan, perayaan Imlek di Indonesia tak bisa dilepaskan dari kontribusi KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

"Kita sepatutnya menyampaikan terimakasih kepada Gus Dur. Pemikiran dan perjuangannya membuat acara ini bisa digelar," ucapnya.

Acara yang rutin digelar tiap tahun itu nampak begitu meriah. Apalagi ditambah dengan kehadiran Kemuning Chinese orchestra dari Surabaya.

Hadir pula dalam kesempatan itu Ketua Tempat Pribadatan Tri Dharma (TITD) Tik Liong Tian Rogojampi, Lingga Wati, Forpimka Genteng, serta ratusan warga Tionghoa dari berbagai daerah di Banyuwangi.