Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

PKB Sidoarjo Targetkan Raih Separuh Kursi DPRD Sidoarjo

Berita Daerah
PKB Sidoarjo Targetkan Raih Separuh Kursi DPRD Sidoarjo

PKBNews - DEWAN Pengurus Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sidoarjo targetkan meraih hasil maksimal di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019. Tak tanggung-tanggung DPC PKB Sidoarjo targetkan memperoleh separuh kursi DPRD atau 25 kursi.

"Target 25 kursi sangat realistis mengingat Sidoarjo menjadi basis Nahdlatul Ulama (NU, red)," kata Ketua DPC PKB Sidoarjo, Saiful Ilah, kemarin.

Menurut Saiful, sekitar 80 persen warga Sidoarjo merupakan kaum Nahdliyin. Jadi untuk dapat 25 kursi itu bukan hal yang mustahil. Dia mengakui persaingan politik nanti bakal sangat ketat. Selain adanya sejumlah partai lain yang juga sudah mengakar di Sidoarjo, juga ada sejumlah partai baru yang bakal meramaikan Pileg mendatang.

"Target kami adalah satu kecamatan dapat satu kursi. Atau 18 kursi, karena di Sidoarjo ada 18 kecamatan," katanya.

Dari target itu, dia juga berharap banyak perempuan yang bakal duduk di legislatif. Jika bisa meraih 25 kursi, setidaknya ada 10 perempuan yang masuk. Atau jika hanya 18 kursi, minimal ada 5 orang perempuannya.

"Kami tekankan supaya jika mendaftar juga benar-benar berniat serius untuk jadi. Bukan sekedar daftar untuk iseng-iseng, kemudian tidak mau kampanye dan sebagainya," tutur Abah Ipul.

Di tempat yang sama, Ketua PCNU Sidoarjo, Kiai Maskun juga berpesan agar kader NU yang maju dalam bursa Pileg nanti selalu menjaga Marwah Nahdlatul Ulama.

"Niatnya harus ditata sejak awal. Dan dalam berpolitik harus berpedoman kepada apa-apa yang sudah digariskan dalam NU. Di antaranya terkait kejujuran hati, moral agama dan konstitusional," ucapnya.

Pendaftaran Bacaleg PKB bakal dibuka hingga 18 Mei mendatang. Di hari pertama pembukaan, terhitung ada tujuh orang yang sudah mendaftarkan diri. Salah satunya adalah Dhamroni Chudlori, kader PKB yang saat ini juga sedang duduk di kursi DPRD Sidoarjo.

"Ya, kami mencalonkan lagi. Ini atas dukungan saudara dan rekan-rekan untuk melanjutkan perjuangan," ucapnya.

Banyaknya dukungan itu terlihat saat Dhamroni Chudlori tiba di kantor PKB dengan diantarkan banyak pihak. Termasuk keluarga dan para pengurus banom NU, seperti Ansor, Fatayat, Muslimat dan sebagainya.

Pendaftar lainnya adalah M Habibullah, kader Ansor yang mengaku tergerak untuk maju dalam Pileg 2019 lantaran ingin memperjuangkan para pelaku usaha kecil dan mikro di Sidoarjo.

"Masih ada ketimpangan antara pelaku usaha kecil dan besar. Problem ini harus diselesaikan agar kesejahteraan masyarakat di bawah bisa merata. Selain itu, masalah lingkungan juga menjadi konsentrasi perjuangan kami," kata kader lingkungan ini usai mendaftar sebagai Bacaleg PKB 2019.