Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

PKB Sebut Poros Ketiga Hanya Dinamisasi

Berita Utama
PKB Sebut Poros Ketiga Hanya Dinamisasi
PKBNews - WACANA poros ketiga muncul menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Partai Kebangkitan bangsa (PKB) menilai bahwa poros-poros tersebut hanya sebuah dinamika yang muncul dari hasil-hasil survei.
 
"Poros ketiga itu muncul dari lembaga survei. Memang fakta sampai saat ini tidak satu pun ada capres yang deklarasi. Jadi analisis itu kemudian ditangkap partai-partai yang ada untuk mendinamisir keadaan," kata Wakil Sekretaris Jenderal DPP PKB Jazilul Fawaid di Jakarta, Kamis (8/3/2018).
 
"Karena poros satu, poros dua juga belum ada. Poros satu, dua, tiga intinya semakin banyak pilihan bagus. Kita fokus ke poros satu (Jokowi) dulu," kata Jazil. 
 
Jazilul yang juga Ketua Fraksi PKB MPR RI itu mengatakan hingga saat ini partainya masih berada di dalam poros Jokowi. Jazil juga menyebutkan beberapa pihak di internal PKB, khususnya dari kalangan kiai, mendorong Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) untuk menjadi cawapres pendamping Jokowi.
 
"Sebagian kiai yang mendukung Pak Jokowi itu meminta menitipkan amanat kepada Pak Muhaimin kalau bisa beliau menjadi wakilnya Pak Jokowi," ujarnya.
 
Jazilul mengatakan, PKB belum memikirkan pilihan lain seandainya Cak Imin tidak jadi berpasangan dengan Jokowi. Bisa saja PKB batal mendukung Jokowi. 
 
"Tapi kalau itu persyaratan, ya batal dong kalau itu dimasukan dalam poin syarat kami para kiai. Misalkan para pendukung PKB meminta Pak Jokowi bersama Pak Muhaimin. Kalau syarat (cawapres) itu tidak terpenuhi bisa batal itu. Tetapi belum hari ini," tandas Jazil.