Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

PKB Menunggu Keputusan Megawati dan Jokowi

Berita Utama
PKB Menunggu Keputusan Megawati dan Jokowi
PKBNews - PARTAI Kebangkitan Bangsa (PKB) yang dinahkodai Muhaimin Iskandar atau Cak Imin belum mengambil keputusan terkait dukungan dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. PKB baru akan membuat keputusan setelah mengadakan Musyawarah Pimpinan Nasional (Muspimnas). Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP PDI Perjuangan Eriko Sotarduga justru meyakini bahwa PKB berniat mencalonkan sendiri.
 
Menanggapi kesimpulan Eriko, Wasekjen DPP PKB Daniel Johan mengatakan bahwa PKB masih menunggu langkah apa yang akan diambil oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri sebagai keputusan terakhir. Bila Ketum PKB diminta untuk masuk dalam gerbong pemerintah, tentu Cak Imin akan mempertimbangkannya.
 
"Sebenarnya keputusan PKB tergantung dari Pak Jokowi dan Mbak Mega. Bila Mbak Mega minta, saya rasa Cak Imin akan ke Jokowi," kata Daniel Johan, Senin (5/3/2018).
 
Menurut Daniel, pernyataan Eriko sama sekali tidak berdasar. Apalagi sampai membuat kesimpulan PKB berniat meninggalkan poros pemerintahan atau koalisi Jokowi bila tak mendapat jatah kursi cawapres.
 
"Bang Eriko lihat sosmed di mana yah? Kita belum memutuskan kok," tanyanya.
 
Untuk menghindari banyak isu yang kini tengah beredar, PKB berharap adanya konsolidasi koalisi pendukung Jokowi di Pemilu 2014. Daniel menyebut ada baiknya ketum-ketum partai pendukung Jokowi-JK bisa duduk bersama.
 
"Saya rasa pertemuan seluruh ketua umum koalisi perlu segera dilakukan. PDIP bisa menjadi tuan rumah. Agar ada kesamaan dalam pemetaan politik untuk kepentingan bangsa ke depan," tandas Wakil Ketua Komisi IV DPR itu.
 
Saat ini, hanya tinggal PKB dan PAN yang belum menyatakan akan kembali mendukung Jokowi di Pilpres. Sementara PDIP, Golkar, NasDem, PPP, dan Hanura sudah mendeklarasikan mengusung Jokowi.