Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

PKB Dukung Masyarakat Kendeng Pertahankan Sumber Vital Kehidupan

Berita Utama
PKB Dukung Masyarakat Kendeng Pertahankan Sumber Vital Kehidupan

PKBNews – WAKILSekretaris Jenderal Dewan Pengurus Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (DPP PKB) Daniel Johan menyatakan PKB akan mendukung perjuangan masyarakat Kendeng yang menolak pembangunan pabrik Semen Rembang Indonesia di Rembang Jawa Tengah.

 

Menurut Daniel Pemerintah harus bisa melihat mana yang menjadi skala prioritas utama bagi kepentingan hajat masyarakat. Telah kita ketahui bahwa pegunungan kendeng merupakan sumber kehidupan bagi masyarakat setempat.

 

“Pegunungan Kendeng itu merupakan penopang kehidupan bagi lima kabupaten terkait dengan perairan, jadi mana yang dianggap lebih penting, semen atau air ?,” ungkap Daniel, Selasa (21/3/2017)

 

Lebih lanjut, sebagai sumber air tak hanya untuk kebutuhan dasar hidup manusia saja namun juga sebagai bahan baku pertanian yang menjadi penopang sumber pangan nasional.

 

“Apakah kita kita ingin merampas dan menghancurkan sumber kehidupan tersebut ?,” tandasnya.

 

Diakui oleh Daniel yang juga Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, pembangunan pabrik semen  memang juga dipandang sangat penting akan tetapi jangan sampai menghancurkan sumber kehidupan yang vital seperti sumber air Pegunungan Kendeng.

 

“Semen memang juga penting namun jangan sampai merusak sumber vital lainnya seperti sumber air,” jelasnya.

 

Daniel menghimbau agar semua pihak dapat mencontoh apa yang dilakukan oleh tokoh pejuang lingkungan, di Nusa Tenggara Timur (NTT) Mama Aleta Baun yang berjuang demi menyelamatkan gunung Nausus Molo yang akan ditambang dengan menghancurkan sumber air.

 

Dalam hal ini, tambah Daniel, PKB akan mengajak Mama Aleta untuk mendampingi para petani Kendeng, semantara itu Ketua Umum DPP PKB, A Muhaimin Iskandar juga akan melakukan komunikasi dengan Presiden Joko Widodo agar berhati – hati dalam mengambil keputusan sehingga tidak merusak sumber air bagi kehidupan yang dapat merugikan masyarakat.

 

“Kita akan libatkan Mama Aleta untuk mendampingi petani Kendeng, selain komunikasi yang dilakukan oleh Ketua Umum DPP PKB, kepada presiden agar keputusannya yang diambil tidak merugikan masyarakat,” tutupnya.