Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

Pilgub Jatim dan Jateng Jatim Butuh Figur Perempuan

Berita Utama
Pilgub Jatim dan Jateng Jatim Butuh Figur Perempuan
PKBNews - KETUA Desk Pilkada DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Daniel Johan mengatakan, pertimbangan PKB menyetujui Puti Guntur Soekarno menjadi pendamping Saifullah Yusuf di Pilgub Jawa Timur tahun 2018.
 
Salah satunya, pasangan Saifullah-Puti akan berhadapan dengan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistianto Dardak.
 
"Ya mungkin itu salah satu jadi pertimbangan. Tapi pertimbangan yang utama sama seperti Jateng, PKB meyakini bahwa Jateng dan Jatim membutuhkan sosok perempuan karena jumlah kaum ibu dan anak muda sangat banyak," kata Daniel Johan di Jakarta, Kamis (11/1/2018).
 
Menurut Daniel, PKB memberikan keleluasaan kepada Gus Ipul sapaan Saifullah untuk berkomunikasi dengan PDIP terkait cawagub Jatim.
 
"Intinya sepenuhnya menjadi hak prerogatif PDIP ya. Tapi kita sangat berterima kasih PDIP menghargai masukan dari Gus Ipul. Karena bagaimana pun Gus Ipul yang akan menjalankan selama 5 tahun," kata Daniel.
 
Daniel berharap, Puti dan PDIP bisa membantu menarik dukungan dari warga mataraman.
 
Untuk itu PKB yakin, bahwa Jawa Timur membutuhkan sosok pemimpin perempuan.
 
"Kebetulan Gus Ipul dan PKB punya keyakinan Jatim membutuhkan sosok perempuan yang mengimbangi," kata Daniel.
 
Daniel mengatakan bahwa Puti dipilih PDIP untuk menggantikan Bupati Banyuwangi Azwar Anas yang mundur dari pencalonan Pilkada Gubernur Jatim.
 
"Selamat kepada Gus Ipul akhirnya mendapat pendamping yang tepat: cantik, muda, berwibawa dan mewakili trah Soekarno," kata Daniel.
 
Daniel pun menyebut pasangan tersebut pasangan yang pas dan mampu saling memperkuat elektabilitas. Sebab keduanya, penggabungan keturunan Nahdlatul Ulama dan juga pendiri Republik Indonesia.
 
"Pasangan yang pas karena gabungnya cicit pendiri NU dan cucu pendiri republik, saling memperkuat elektabilitas," kata Daniel.
 
Karena itu, PKB pun mendukung dengan sepenuh hati keputusan tersebut dan berharap segera dideklarasikan kemudian mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum. Ia juga meyakini, hadirnya Puti menjadi pendamping Gus Ipul dapat menambah suara masyarakat Jawa Timur sehingga memenangi kontestasi Pilkada Jatim.
 
"Kami mendukung sepenuh hati. Kami juga yakin," katanya.