Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

Perhatian Pemprov Banten Terhadap Ponpes Masih Minim

Berita Utama
Perhatian Pemprov Banten Terhadap Ponpes Masih Minim

PKBNews - KETUA Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Banten, Rahmat Abdul Gani menilai perhatian Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten terhadap pondok pesantren (ponpes) masih minim. Kendati jumlah ponpes di Banten mencapai ribuan.

"Perhatian Pemprov Banten terhadap ponpes masih sangat kurang, kendati jumlah ponpes di Banten mencapai ribuan," ucapnya, Selasa (21/3/2017).

Rahmat berharap Pemprov Banten memberi perhatian terhadap ponpes, terutama berkaitan dengan infrastruktur dan sumber daya manusia (SDM).

"Pemprov Banten bisa mendukung pesantren dari segi anggaran, sehingga ponpes di Banten menjadi lebih berkembang," tuturnya.

Ketua Fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (F-DPRD) Provinsi Banten itu berkata, perhatian pemprov masih fokus pada pendidikan formal. Sedangkan perhatian terhadap ponpes masih sangat minim.

"Padahal sebagai penyelenggara pendidikan, peran ponpes sangat besar. Pesantren salah satu pondasi pendidikan, pembangunan bahkan kemerdekaan bangsa, sehingga wajar keberadaannya perlu diperhatikan pemerintah," kata Rahmat.

Rahmat menuturkan, saat ini model bantuan untuk ponpes masih sebatas hibah dari pemerintah. Dia berharap ada skema penganggaran yang berkelanjutan sebagaimana penganggaran untuk pendidikan formal.

"Harapan kami penggaran untuk pesantren masuk di dalam rencana kerja pemerintah daerah. Tertuang juga dalam rencana pembangunan jangka panjang dan menengah, tidak hanya SMP dan SMA, tetapi pesantren," ujarnya.

Namun begitu, Rahmat mengakui belum mengetahui landasan hukumnya. Namun ia tetap berharap Pemprov Banten untuk mengupayakannya.

"Yang perlu dicari regulasinya, saya enggak tahu bisa atau belum ya. Imbauan saya kepada eksekutif dicarikan saja cantolannya hukumnya," tandas dia.