Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

Menteri Hanif : Tingkatkan Pelatihan Kerja

Berita Utama
Menteri Hanif : Tingkatkan Pelatihan Kerja
PKBNews - PEMERINTAH Kabupaten Bondowoso DIMINTA untuk melakukan peningkatan akses dan mutu pelatihan kerja untuk mengurangi angka pengangguran.
 
"Permasalahan (problem) tenaga kerja secara nasional 37 persen di antaranya terkait dengan pendidikan dan juga kurangnya pelatihan kerja. Sedangkan data nasional kurang lebih 131 juta pekerja 60 persen di antaranya belum usia produktif kerja dan kurang memiliki keterampilan kerja," kata Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia HM Hanif Dhakiri, belum lama ini. 
 
Pemerintah daerah, kata Menteri Hanif, harus terus meningkatkan mutu dan akses pelatihan kerja serta singkronisasi antara keterampilan kerja yang dibutuhkan di industri-industri yang ada di daerah itu.
 
Selain itu, pemerintah daerah juga memiliki tugas terus mendorong industri-industri di daerahnya tumbuh dan berkembang serta juga meningkatkan sumber daya manusia (pekerja).
 
"Jadi sumber daya manusianya terus ditingkatkan sesuai keterampilan yang dibutuhkan oleh industri dan begitu pula industri harus tumbuh berkembang. Yang artinya keduanya harus seimbang," ujar Menteri Hanif. 
 
Menurut Menteri Hanif, Kementerian Ketenagakerjaan saat ini telah memiliki program Pemagangan Nasional, di mana para pencari kerja itu dapat magang sesuai keterampilan yang dimiliki dan setelah magang mereka dapat mengikuti uji kompetensi dan selanjutnya mendapatkan sertifikasi sesuai keterampilannya.