Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

Menteri Eko: Satgas Dana Desa Butuh Partisipasi Masyarakat

Berita Utama
Menteri Eko: Satgas Dana Desa Butuh Partisipasi Masyarakat
PKBNews - EKSISTENSI atau keberadaan Satuan Tugas Dana Desa tetap membutuhkan bantuan dan partisipasi dari masyarakat untuk mengawasi penggunaan dana desa.
 
Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo mengatakan, semua proyek pembangunan menggunakan dana desa harus swakelola. Sehingga keterlibatan masyarakat sangat penting dalam mengawasinya. 
 
"Kita ada Satgas bahkan telah bekerjasama dengan Kepolisaan serta Kejaksaan terutama soal pengawasan penggunaan dana desa. Jadi, kalau ada masyarakat yang mengetahui penyelewengan dana desa, segera laporkan. Jangan ragu," kata Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo, Senin (20/11/2017). 
 
Politisi Partai Kebangkitan Bangsa ini mengatakan bahwa sejak dibentuk Satgas tersebut laporan masyarakat mengenai anggaran desa tersebut meningkat. Jika di tahun 2016 pihaknya hanya mendapat 900 laporan, namun sekarang ini empat bulan saja telah mendapat 11 ribu laporan.
 
Menurut Menteri Eko, laporan tersebut bukan hanya penggunaan dana desa, melainkan mengarah pada ketidaktahuaan bagaimana pengajuan usulan penggunaan dana tersebut, sehingga Satgas dapat berfungsi menampung masukan serta laporan.
 
"Saya sudah sering sampaikan kalau kunci semua ini ada di masyarakat biarpun kita sudah punya Satgas sekalipun. Jadi kalau ada tercium penyelewengan segera lapor ke nomor 1500040. Itu nomor kontak Satgas Dana Desa," tandas Menteri Eko.