Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

Mendes Eko Minta Kepala Daerah Aktif Bangun Embung

Berita Utama
Mendes Eko Minta Kepala Daerah Aktif Bangun Embung
PKBNews - Pemerintah menekankan pentingnya pembangunan embung dalam meningkatkan pendapatan masyarakat desa. Selain pertanian, embung juga bermanfaat dalam bisnis perikanan.
 
Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo, mengungkapkan dengan dibangunnya embung air produktivitas tanam petani dapat meningkat 3 kali lipat. Tiap embung bisa mengairi 100 hingga 200 hektar sawah.
 
"Ibu Susi juga berjanji akan memberi bibit ikan dan pompa untuk setiap embung yang jadi," kata Mendes Eko Putro Sandjojo di Jakarta, belum lama ini. 
 
Politisi Partai Kebangkitan Bangsa ini mengatakan embung juga dapat dimanfaatkan sebagai kawasan wisata. Pembangunan embung air merupakan salah satu dari 4 program unggulan pemerintah untuk mengoptimalkan dana desa.
 
Selain embung air, ada program lain seperti Produk unggulan kawasan pedesaan (purkades) yang membantu petani, nelayan dan UKM di daerah untuk mengoptimalkan produksi dan distribusi produk yang mereka hasilkan.
 
Ada pula program Badan Usama Milik Desa (BUM Des) di mana desa dituntut untuk mandiri termasuk dalam hal keuangan. Contoh sukses yang diberikan oleh Menteri Desa adalah pembangunan BUM Des di Ponggok-Klaten. 
 
Kolam renang tua peninggalan Belanda yang ada di sana disulap menjadi lokasi wisata mini bunaken, bahkan sering dijadikan lokasi foto prewed.
 
Menteri Eko menambahkan ada pula program Sarana Olahraga Desa. Program ini dilatarbelakangi oleh banyaknya desa-desa yang tidak punya tempat hiburan dan penyaluran energi anak mudanya.
 
"Kementerian desa bersama kementerian olahraga akan membentuk liga desa," tandas Mendes Eko. 
Rekomendasi untuk dibaca
11 bulan 1 pekan yang lalu
Ekonomi Syariah Solusi Bagi Masyarakat Miskin
1 tahun 4 bulan yang lalu
Ekonomi Rakyat Ataukah Ekonomi Islam?
1 tahun 10 bulan yang lalu
Eko Putro Sandjojo Jabat Mendes PDTT