Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

Jalan Cak Imin Menjadi Cawapres Sangat Terbuka

Berita Headline
Jalan Cak Imin Menjadi Cawapres Sangat Terbuka

PKBNews - GURU Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau Prof. A. Mujahidin menegaskan, potensi Ketua Umum (Ketum) Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin untuk menjadi calon wakil presiden (cawapres) sangat terbuka lebar.

"Sebagai anak muda Nahdlatul Ulama (NU), Cak Imin punya potensi untuk menjadi cawapres. Cak Imin telah memiliki banyak pengalaman. Baik di yudikatif maupun eksekutif. itu adalah modal yang tidak dimiliki semua orang,” terangnya dalam diskusi berjudul Menakar peluang Cak Imin di Pilpres 2019 dan Peresmian Cak Imin Next Wapres di gedung Graha Pena Riau, Jl HR. Soebroto Km 10,5 Pekanbaru , Riau, Senin (13/10/2017).

Menurut Mujahidin, sekalipun memiliki keunggulan bukan berarti dalam pencalonan Cak Imin sebagai wapres tak menemui kendala. Justru, lanjutnya, karena Cak Imin berangkat dari basis sosial NU maka kesulitan sudah terlihat dengan jelas.

“Kelemahan basis masa NU adalah terpolarisasi dan kurang percaya diri. Itu harus mampu dibenahi Cak Imin dalam waktu tak terlalu lama,” katanya.

Selain itu, Mujahidin melihat PKB kurang percaya diri. Banyak kader di daerah justru mencalonkan kader dari partai lain dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Ia mencontohkan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur (Jatim) harusnya PKB dapat mencalonkan kadernya sendiri, tapi justru memilih kader lain.

“Hal seperti itu harusnya tidak boleh terjadi. PKB harus percaya diri,” ucapnya.

Mujahidin berkata, secara umum peluang Cak Imin menjadi wapres tidak ada masalah. Tidak ada masalah hukum maupun masalah digandeng petahana atau tidak.

“Cak Imin telah memiliki modal, tinggal mau atau tidak beliaunya dicalonkan,” katanya.

Namun, Mujahidin berpesan agar para pendukung Cak Imin mewaspadai gerakan Islamphobia dan konten berita di media sosial (medsos) yang negatif.

“Kalau kedua persoalan ini bisa dilalui dengan mulus maka jalan Cak Imin pun mulus,” tandasnya.

Sebelumnya diskusi diawali pernyataan Edi Ahmad RM yang mencoba menjelaskan latar belakang kenapa diskusi ini perlu.

Dalam tiga bulan terakhir muncul deklarasi dari beragam etnis dan sebagainya menghendaki Cak Imin sebagai calon wakil presiden

Bagi PKB ini perlu disambut baik walaupun banyak pertanyaan
Kenapa wapres dan kenapa tidak capres misalnya

Apakah dukungan ini sudah mewakili masyarakat atau ini saja kehendak segelintir orang dan tentu perlu jawaban.

“Diskusi ini mencoba menjawab pertanyaan itu,” katanya