Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

Hasil Survei Median, Cak Imin Cawapres Paling Ideal untuk Jokowi

Berita Headline
Hasil Survei Median, Cak Imin Cawapres Paling Ideal untuk Jokowi

PKBNews - LEMBAGA Riset Median merilis hasil surveinya tentang calon wakil presiden (capres) yang mendampingi Joko Widodo (Jokowi) dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Nama Ketua Umum (Ketum) Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berada diurutan teratas mengungguli dua calon kuat lainnya yakni Gatot Nurmantyo dan Anies Baswedan.

Menurut Direktur Riset Median, Sudarto, elektabilita Cak Imin tertinggi dibandingkan Gatot dan Anies. Sebab, 100 persen pemilih akan memilih jika Cak Imin bersanding dengan Jokowi.

"Pertanyaanya seandainya Cak Imin jadi wakil Jokowi mau milih atau tidak. 100 persen responden menjawab memilih," katanya di kawasan Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (16/4/2018).

Saat Cak Imin dipasangkat dengan Gatot Nurmantyo, kata Sudarto, tingkat keterpilihannya hanya mencapai 28,6 persen. Sedangkan, jika dipasangkan dengan Anies Baswedan maka Jokowi mendapatkan suara sebesar 21,7 persen.

"Jika dipasangkan dengan Prabowo maka hanya ada 16,7 persen responden yang akan memilih. Tidak semua tokoh bisa dipasangkan dengan Jokowi," ucapnya.

Kata Sudarto, Cak Imim memiliki usaha keras untuk memperkenalkan diri dengan membangun image di berbagai daerah melalui baliho-baliho.

"Cak Imin membangun image siap, kemudian Cak Imin juga koalisinya Jokowi sehingga 100 persen mendukung Cak Imin kalau dipasangkan dengan Jokowi. Usaha keras menebar baliho-baliho," katanya.

Survei dilakukan pada 1.200 responden dengan margin of error sebesae kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, dengan rentang waktu 24 Maret - 6 April 2018. Sample dipilih secara random dengan tehnik Multistage Random Sampling dan proporsional atas populasi Provinsi dan Gender.