Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

Dua Santri Banyumas dan Satu Santri Cilacap Ikut Final MKK

Berita Utama
Dua Santri Banyumas dan Satu Santri Cilacap Ikut Final MKK
PKBNews - BABAK Final Musabaqoh Kitab Kuning (MKK) yang digelar di Jakarta. Dalam kegiatan itu, dua santri asal Kabupaten Banyumas dan satu orang santri Cilacap, Jawa Tengah ikut mengikutinya sebagai finalis.  MKK dilaksnakan oleh Dewan Koordinasi Nasional Garda Bangsa dan Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa 21-22 Juli 2017.
 
Anggota Fraksi PKB DPR RI Hj. Siti Mukaromah, S.Ag, MAP mengatakan bahwa dua santri asal Banyumas itu adalah Ahmad Sulaiman dan Widadatul.
 
"Saudara Ahmad Sulaiman mengikuti final kitab Ihya Ulumuddin, sedangkan saudari Widadatul mengikuti Musabaqoh Hifdzunnnadzom Imrithi," kata Erma -- panggilan akrab Siti Mukaromah -- yang berasal dari Daerah Pemilihan Jawa Tengah VIII Banyumas-Cilacap.
 
Selain itu, kata Erma, seorang santri asal Cilacap atas nama Anisatus Saadah mengikuti final kitab Fathul Qorib.
 
Menurut Erma, final Musabaqoh Kitab Kuning tersebut diikuti sekitar 200 santri dan satriwati dari berbagai pesantren di seluruh Indonesia yang telah melewati babak penyisihan di tingkat kabupaten/kota dan semifinal di tingkat provinsi.
 
Babak final tersebut terbagi atas dua kategori, yakni tingkat Ula dengan kitab Fathul Qorib dan Nadham Imrithi serta tingkat Ulya dengan kitab Ihya Ulumiddin dan Nadham Alfiyah Ibnu Malik.
 
"Saya berharap selain mengikuti lomba, para santri juga memperoleh ilmu dan pengalaman baru yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari," ujar Erma. 
 
Sementara itu, Ketua Umum DKN Garda Bangsa Cucun A. Syamsul Rijal mengatakan Musabaqoh Kitab Kuning kembali digelar dalam rangka merawat tradisi intelektual yang selama ini berkembang di pesantren.
 
"Musabaqoh Kitab Kuning ini wajib dijaga dan dilestarikan sebagai tradisi intelektual pondok pesantren dalam rangka mengembangkan Islam Ahlussunnah wal-Jamaah," katanya seraya menambahkan bahwa penyelenggaraan Musabaqoh Kitab Kuning juga dalam rangka mensyukuri Hari Lahir Ke-19 PKB.