PKB Mendukung Penuh Kebijakan Jokowi Membangun Rel Kereta

Berita Utama

PKB Mendukung Penuh Kebijakan Jokowi Membangun Rel Kereta

PKBNews - PARTAI Kebangkitan Bangsa (PKB) mendukung penuh kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) membangun rel Kereta Api (KA) di luar Jawa dan revilaliasi rela lama di Jawa.

"Selamat untuk masyarakat perkeretaapian Indonesia dan KAI. Selamat Hari Kereta Api Indonesia. Kita dukung kebijakan Pak Jokowi membangunkan rel KA di luar Jawa dan revitalisasi rel lama di Jawa," kata Ketua Umum (Ketum) Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKB H Abdul Muhaimin Iskandar, Jumat (29/9/2017).

Menurut Cak Imin sapaan akrab H Abdul Muhaimin Iskandar, Indonesia harus menyediakan rel KA sebagai moda transportasi berbasis rel ramah lingkungan yang modern.

"Kota-kota besar di Indonesia harus mulai mencontoh Jakarta dengan angkutan massal berbasis rel yang sedang di bangun. Pembangunan jalan tol yang mahal dan masif, harus diimbangi membangun rel baru di luar Jawa," katanya.

Cak Imin menuturkan, hanya dengan MRT (transportasi massal cepat), LRT (kereta ringan) dan KRL persoalan transportasi yang ngejelimet dapat diatasi.

"Ketiganya solusi tepat transportasi massal urban yang efisien. Coba bandingkan bikin jalan tol lintas Jawa degan bangun rel KA, lebih efisien ekonomis bangun rel KA," ucapnya.

Cak Imin menambahkan, penggandaan rel lintas provinsi yang sudah memiliki rel, sangat ekonomis. Tapi perlu pembebasan tanah yang menghambat proyek.

"Angkutan massal berbasis rel tak mengenal macet, jalan 'bottle-neck' dan merusak lingkungan berupa polusi. Yang terpenting, integrasi antar moda dengan angkutan massal berbasis rel. Membuat KA menjadi angkutan massal yang ciamik," katanya.

Yang terpenting, tutur Cak Imin, KAI nantinya dapat menyediakan kemudahan khusus untuk rakyat berpenghasilan rendah agar bisa menikmati transportasi KA.

"Pembenahan KAI selama 5 tahun terakhir adalah bukti bahwa bangsa kita bisa diajak berubah ke arah lebih. Tak ada lagi penumpang berjejal di atas gerbong dan di lokomotif. Anak cucu kita sulit percaya ini pernah kita alami," katanya.

Lebih jauh Cak Imin berkata, apapun bisa dibenahi, asal ada kemauan bersama untuk menjadi lebih baik. KAI sudah membuktikan.

"Insya Allah, angkutan massal berbasis rel di Jabodetabek, tahun 2019 sudah sekelas kota-kota besar modern di Asia. Pak Jokowi menumpang kereta api commuterLine ini. Memberi contoh rakyat untuk naik kereta," katanya.

Cak Imin meyakini, "Kereta api moda paling solutif sebagai transportasi massal berbasis rel untuk transportasi massal."