50 Caleg PKB Jombang Daftar ke KPU

Berita Daerah
50 Caleg PKB Jombang Daftar ke KPU

Jombang - Dewan Pengurus Cabang Partai Kebangkitan Bangsa Jombang hari ini menyerahkan sejumlah nama calon anggota legislatif ke Komisi Pemilihan Umum setempat. Sebanyak 50 kader terbaik partai telah disetorkan namanya untuk berlaga pada pesta demokrasi 2014 mendatang.

 

"Sebenarnya kita sudah siap sejak beberapa waktu lalu. Tapi karena ada intruksi dari DPP maka kita serahkan berkasnya hari ini," kata Ketua DPC PKB Jombang Subaidi Mukhtar di Gedung KPU Jombang, Senin (22/4/2013).

 

Mantan anggota DPRD Kabupaten Jombang ini mengatakan, 50 calon anggota legislatif PKB tersebar di seluruh daerah pemilihan. Sementara jumlah caleg per daerah pemilihan sudah sesuai dengan kuota yang ada.

 

Misalkan saja, untuk dapil 1 (Kecamatan Peterongan dan Jombang) ada 8 Caleg. Dapil 2 (Kecamatan Diwek, Jogoroto, dan Sumobito) ada 10 Caleg. Kemudian Dapil 3 (Wonosalam, Bareng, Mojowarno, Mojoagung) ada 10 Caleg.

 

Selanjutnya, Dapil 4 (Perak, Bandar Kedung Mulyo, Gudo, Ngoro) ada 9 Caleg. Ditambah Dapil 5 (Kesamben, Tembelang, Megaluh) ada 6 Caleg dan Dapil 6 (Kecamatan Plandaan, Ploso, Kabuh, Kudu, dan Ngusikkan) ada 7 Caleg.

 

Dari jumlah Caleg tersebut, kata Subaidi sudah memenuhi kuota 30 persen keterwakilan perempuan. "Bahkan untuk Caleg PKB Jombang sudah lebih dari 30 persen untuk kuota perempuan," ujarnya.

 

Selain beberapa kader PKB Jombang yang berebut kursi DPRD Kabupaten, juga ada beberapa nama yang maju ke tingkat lebih tinggi. Seperti Abdul Halim Iskandar yang tetap maju sebagai caleg untuk kursi DPRD Jatim. Sementara Munif Sufri bakal bertarung untuk DPR RI dari PKB di Dapil 8 yang meliputi Kabupaten Mojokerto, Jombang, Nganjuk, dan Madiun.

Average: 1.3 (4 votes)